Minggu, 16 April 2023

RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 3.1 “PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN”

RENCANA AKSI NYATA

MODUL 3.1

“PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN”



A.   Latar Belakang

Seorang guru sebagai ujung tombang terdepan dalam mensukseskan program pendidikan harus benar-benar memahami dengan selalu fokus pada pengembangan potensi murid. Dalam setiap pengambilan keputusan harus benar-benar dilakukan secara bertanggung jawab. Keputusan yang diambil sangat penting harus telah memperhatikan 9 langkah pengambilan keputusan dan pengujian keputusan pada situasi dilema etika. Guru adalah seorang pemimpin pembelajaran dan harus memahami cara pengambilan keputusan yang tepat dengan berbagai pertimbangan dari berbagai aspek dan sumber. Seorang guru selain menjadi teladan dan pembimbing, guru juga dalam pengambilan keputusan harus berpihak pada murid. Dalam mengambil keputusan harus mempertimbangkan nilai-nilai universal yang berlaku dan berkembang di masyarakat.

B.    Tujuan

Tujuan aksi nyata:

  1. Penerapan pengetahuan dan pemahaman yang didapat pada modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran, baik dalam pembelajaran kepada murid maupun melaksanakan tugas lainnya.
  2. Menunjukkan kepedulian serta pelayanan kepada murid.
  3. Melasanakan praktik baik yang diharapkan bisa ditiru oleh rekan sejawat.
  4. Membantu guru dan murid untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi sesama guru, murid dan juga dengan orang tua/wali murid dengan pengambilan keputusan yang baik.
  5. Melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong menjadi orang yang lebih baik.
  6. Menyadari bahwa semua anak itu berbeda dan menyadari potensi dalam setiap anak dan guru di sekitarnya. 
  7. Bekerjasama dengan guru lain atau kepala sekolah, sehingga menemukan paradigma Pengambilan keputusan

C.    Keberhasilan

Tolok Ukur keberhasilan dari Aksi nyata:

  1. Terlaksananya pengambilan keputusan yang baik dan bijaksana.
  2. Teratasinya permasalahan yang dihadapi dengan dapat mengakomodir semua kepentingan.
  3. Pengetahuan dan pemahaman tentang strategi penyelesaian permasalahan yang dihadapi terkait dengan dilima etika,
  4. Terbentuknya komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh warga sekolah yang ada dalam rangka memberikan pelayanan kepada murid.
  5. Adanya keputusan yang diambil secara bertanggung jawab terhadap dilema etika.

D.   Hasil aksi nyata

  1. Terlaksananya dengan baik rancangan Aksi nyata sebagai satu tugas yang harus dilaksanakan Calon Guru Penggerak
  2. Optimalisasi peran guru dalam memberikan pelayanan kepada murid.
  3. Menyelesaikan masalah yang dihadapi di sekolah dengan tidak ada yang merasa dirugikan.
  4. Menjadi pemimpin pembelajaran dan contoh bagi rekan sejawat lainnya.

 E.    Pelaksanaan

  1. Konsultasi dengan Kepala Sekolah
  2. Komunikasi dan koordinasi dengan rekan guru dan murid.
  3. Pelaksanaan pengembilan keputusan
  4. Refleksi dan Tindak lanjut

 F.    Dukungan yang dibutuhkan

  1. Kebijakan Kepala Sekolah
  2. Komitmen Guru dan murid
  3. Sarana dan Prasarana

G.   Refleksi

Refleksi aksi nyata dilaksanakan agar dapat meninjau kembali apa yang telah dilaksanakan dengan baik, dan apa yang belum baik bisa diperbaiki dimasa yang akan datang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar